Stategi Pembelajaran
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian strategi pembelajaran itu
?
2. Apa saja komponen-komponen yang ada
dalam strategi pembelajaran ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif
dan efisien.
Strategi pembelajran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar
untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran.
Pemilihan tersebut dilakukan dengan mempertimbngkan situasi dan kondisi, sumber
belajar, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran tertentu.[1]
B.
Komponen-Komponen Strategi Pembelajaran
Proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang satu sama lain
saling berinteraksi dan berinterelasi. Komponen-komponen tersebut adalah
tujuan, guru, murid, metode, media, lingkungan, materi
dan evaluasi.
1.
Tujuan
Tujuan merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pembelajaran.
Mau dibawa kemana siswa, apa yang harus dimiliki oleh siswa, semuanya
tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Jika diibaratkan, tujuan sama dengan
komponen jantung pada sistem tubuh manusia. Oleh karenanya, tujuan merupakan
komponen yang pertama dan utama.
Tujuan dalam pendidikan dan pengajaran adalah suatu cita-cita yang
bernilai normatif. Dengan perkataan lain, dalam tujuan terdapat sejumlah nilai
yang harus ditanamkan kepada anak didik. Nilai-nilai itu nantinya akan mewarnai
cara anak didik bersikap dan berbuat dalam lingkungan sosialnya, baik disekolah
maupun diluar sekolah.
Tujuan merupakan dasar yang dijadikan landasan untuk menentukan strategi,
materi, media dan evaluasi pembelajaran. Untuk itu, dalam strategi
pembelajaran, penentuan tujuan merupakan komponen yang pertama kali harus
dipilih oleh seorang guru, karena tujuan pembelajaran merupakan target yang
ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran.[2]
2.
Bahan
Pelajaran
Bahan pelajaran adalah komponen kedua dalam sistem pembelajaran. Dalam
konteks tertentu, bahan pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran.
Artinya, sering terjadi proses pembelajaran diartikan sebagai proses
penyampaian materi.
Ada dua persoalan dalam penguasaan bahan pelajaran, yakni penguasaan
bahan pelajaran pokok dan bahan pelajaran pelengkap. Penguasaan bahan pelajaran
pokok adalah bahan pelajaran yang menyangkut bidang studi yang dipegang oleh
guru sesuai dengan profesinya (disiplin keilmuannya). Sedangkan bahan pelajaran
pelengkap adalah bahan pelajaran yang dapat membuka wawasan seorang guru agar
dalam mengajar dapat menunjang penyampaian bahan pelajaran pokok. Pemakaian
bahan pelajaran pelengkap ini harus disesuaikan dengan bahan pelajaran pokok
yang dipegang agar dapat memberikan motivasi kepada sebagian besar atau semua
anak didik.
Menurut (Kemp, 1977), bahan pelajaran umumnya merupakan gabungan antara
jenis materi yang berbentuk pengetahuan (fakta dan informasi yang terperinci),
keterampilan (langkah-langkah, prosedur, keadaan, dan syarat-syarat tertentu),
dan sikap (berisi pendapat, ide, saran, atau tanggapan). Dalam isi pelajaran
ini terlihat masing-masing jenis pelajaran sudah pasti memerlukan strategi
penyampaian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam menentukan strategi
pembelajaran, guru harus terlebih dahulu memahami jenis bahan pelajaran yang
akan disampaikan agar diperoleh strategi pembelajaran yang sesuai.
3.
Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Segala
sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam proses belajar
mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar akan melibatkan semua komponen
pengajaran, kegiatan belajar akan menentukan sejauh mana tujuan yang telah
ditetapkan dapat dicapai.
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dan anak didik terlibat dalam
sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya. Dalam interaksi itu
anak didiklah yang lebih aktif, bukan guru. Guru hanya berperan sebagai
motivator dan fasilitator. Inilah sistem pengajaran yang dikehendaki dalam
pengajaran dengan pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dalam pendidikan
modern. Kegiatan belajar mengajar pendekatan CBSA menghendaki aktivitas anak
didik seoptimal mungkin. Keaktifan anak didik menyangkut kegiatan fisik dan
mental. Aktivitas anak didik bukan hanya secara individual, tetapi juga dalam
kelompok sosial. Aktivitas anak didik dalam kelompok sosial akan membuahkan
interaksi dalam kelompok. Interaksi dikatakan maksimal bila interaksi itu
terjadi antara guru dengan semua anak didik, antara anak dengan guru, dan
antara anak didik dengan anak didik dalam rangka bersama-sama mencapai tujuan
yang telah ditetapkan bersama.
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru sebaiknya memperhatikan perbedaan
individual anak didik, yaitu pada aspek biologis, intelektual dan psikologis.
Kerangka berpikir demikian dimaksudkan agar guru mudah dalam melakukan
pendekatan kepada setiap anak didik secara individual. Pemahaman terhadap
ketiga aspek tersebut akan merapatkan hubungan guru dengan anak didik, sehingga
memudahkan melakukan pendekatan dalam mengajar.
4.
Metode
Metode adalah cara yang digunakan oleh pengajar dalam menyampaikan pesan
pembelajaran kepada peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan komponen
yang juga mempunyai fungsi yang sangat menentukan. Keberhasilan pencapaian
tujuan sangat ditentukan oleh komponen ini. Bagaimanapun lengkap dan jelasnya
komponen lain, tanpa dapat diimplementasikan melalui metode yang tepat, maka
komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian
tujuan. Oleh karena itu setiap guru perlu memahami secara baik peran dan fungsi
metode dan strategi dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru tidak harus terpaku dengan
menggunakan satu metode, tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang
bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan, tetapi menarik perhatian
anak didik. Tetapi juga penggunaan metode yang bervariasi tidak akan
menguntungkan kegiatan belajar mengajar bila penggunaannya tidak tepat dan
sesuai dengan situasi yang mendukungnya dan dengan kondisi psikologis anak
didik. Oleh karena itu, disinilah kompetensi guru diperlukan dalam pemilihan
metode yang tepat. Menurut Prof.Dr. Winarno Surakhmad, M.Sc. Ed, mengemukakan
lima macam factor yang mempengaruhi metode mengajar adalah sebagai berikut ;
a. Tujuan yang berbagai-bagai
jenis dan fungsinya
b. Anak didik yang berbagai-bagai
tingkat kematangannya
c. Situasi yang berbagai-bagai
keadaannya
d. Fasilitas yang berbagai-bagai
kualitas dan kuantitasnya
e. Pribadi guru serta kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda
5.
Alat
Alat adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka mencapai
tujuan pengajaran. Sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan dalam mencapai
tujuan pengajaran, alat mempunyai fungsi yaitu alat sebagai perlengkapan, alat
sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan, dan alat sebagai tujuan.
Alat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu alat dan alat bantu pengajaran. Yang dimaksud dengan alat adalah berupa suruhan, perintah, larangan, dll. Sedangkan alat bantu pengajaran adalah berupa globe, papan tulis, batu tulis, batu kapur, gambar, diagram, slide, video dan sebagainya. Alat bantu pengajaran dapat juga dikatakan sebagai media. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih media adalah :
Alat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu alat dan alat bantu pengajaran. Yang dimaksud dengan alat adalah berupa suruhan, perintah, larangan, dll. Sedangkan alat bantu pengajaran adalah berupa globe, papan tulis, batu tulis, batu kapur, gambar, diagram, slide, video dan sebagainya. Alat bantu pengajaran dapat juga dikatakan sebagai media. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih media adalah :
a) Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.
b) Dukungan terhadap isi pelajaran.
c) Kemudahan memperoleh media.
d) Keterampilan guru dalam menggunakannya.
e) Ketersediaan waktu menggunakannya.
f) Sesuai dengan taraf berpikir siswa.
Alat bantu pengajaran terutama media yang menggunakan audiovisual
mempunyai sifat sebagai berikut :
a. Kemampuan untuk meningkatkan
persepsi
b. Kemampuan untuk meningkatkan
pengertian
c. Kemampuan untuk meningkatkan
transper (pengalihan) belajar
d. Kemampuan untuk memberikan penguatan (reinforcement) atau pengetahuan
hasil yang dicapai
e. Kemampuan untuk meningkatkan
retensi (ingatan)
6.
Sumber
pelajaran
Belajar mengajar, telah diketahui, bukanlah berproses dalam kehampaan,
tetapi berproses dalam kemaknaan, didalamnya ada sejumlah nilai yang
disampaikan kepada anak didik. Nilai-nilai itu tidak datang dengan sendirinya
tetapi terambil dari berbagai sumber guna dipakai dalam proses belajar
mengajar.
Jadi menurut (Drs. Udin Sari Winataputra, M.A dan Drs Rustana Adiwinata,
1991 : 165) yang dimaksud dengan sumber bahan belajar adalah segala sesuatu
yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau
asal untuk belajar seseorang. Dengan demikian, sumber belajar itu merupakan
bahan / materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru
bagi sipelajar. Sebab pada hakikatnya belajar adalah untuk mendapatkan hal-hal
baru (perubahan).
Dalam mengemukakan sumber –sumber belajar ini para ahli sepakat bahwa
segal sesuatu dapat dipergunakan sebagai sumber belajar sesuai dengan
kepentingan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Macam-macam
Sumber-sumber belajar sebagai berikut :
a. Manusia (dalam keluarga,
sekolah dan masyarakat)
b. Buku / perpustakaan/ bahan
materi
c. Media Massa (majalah, surat
kabar, radio, tv, dll)
d. Alam Lingkungan
e. Alat Pengajaran atau perlengkapan ( buku pelajaran, peta, gambar,
kaset, tape, papan tulis, kapur , spidol, dll)
f. Museum (Tempat penyimpanan
benda-benda kuno)
g. Aktivitas yang meliputi :
pengajaran berprogram, simulasi, karyawisata, sistem pengajaran modul.
7.
Evaluasi
Evaluasi merupakan komponen terakhir dalam sistem proses pembelajaran.
Evaluasi bukan saja berfungsi untuk melihat keberhasilan siswa dalam proses
pembelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai umpan balik bagi guru atas
kinerjanya dalam pengelolaan pembelajaran. Melalui evaluasi kita dapat melihat
kekurangan dalam pemanfaatan berbagai komponen sistem pembelajaran.
Pengertian dari evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnya, sedalam-dalamnya, yang bersangkutan dengan kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar siswa yang dapat mendorong dan mengembangkan kemampuan belajar. Dari pengertian itu, tujuan evaluasi dapat dilihat dari 2 segi, yaitu:
Pengertian dari evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnya, sedalam-dalamnya, yang bersangkutan dengan kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar siswa yang dapat mendorong dan mengembangkan kemampuan belajar. Dari pengertian itu, tujuan evaluasi dapat dilihat dari 2 segi, yaitu:
a) Tujuan Umum
1. Mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam
mencapai tujuan yang diharapkan
2. Memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas/pengalaman yang didapat
3. Menilai metode mengajar yang dipergunakan
b) Tujuan Khusus
1. Merangsang kegiatan siswa
2. Menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan
3. Memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan
bakat siswa yang bersangkutan
4. Memperoleh bahan laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan
orang tua dan lembaga pendidikan
5. Untuk memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar dan metode mengajar.
Evaluasi dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa, maka evaluasi
mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Untuk memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk
memperbaiki proses belajar mengajar, serta mengadakan perbaikan program bagi
murid.
2. Untuk memberikan angka yang tepat tentang kemajuan atau hasil belajar
dari setiap murid
3. Unutk menentukan murid di dalam situasi belajar mengajar yang tepat,
sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh murid
4. Untuk mengenal latar belakang murid yang mengalami kesulitan-kesulitan
belajar, yang nantinya dapat dipergunakan sebagai dasar dalam pemecahan kesulitan-kesulitan
belajar yang timbul.
Evaluasi sebagai alat untuk melihat keberhasilan pencapaian tujuan dapat
dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu :
a)
Tes
• Digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kognitif atau tingkat penguasaan materi
pembelajaran
• Tes harus memiliki dua kriteria yaitu kriteria validitas dan kriteria
reliabilitas
• Tes hasil belajar dapat dibedakan menjadi tes kelompok dan tes
individual
b)
Non Tes
• Adalah alat evaluasi yang biasanya digunakan untuk menilai aspek
tingkah laku termasuk sikap, minat dan motivasi.
• Jenis-jenis non tes : Observasi, Wawancara, Studi Kasus, Skala Sikap
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan yaitu Strategi pembelajaran yang digunakan oleh pengajar pada dasarnya diarahkan agar terjadi proses belajar mandiri dalam diri siswa. Namun perlu diingat bahwa pendekatan yang baik belum tentu menghasilkan pembelajaran yang baik pula. Karena itu faktor pengajar sebagai manager dari suatu kegiatan pembelajaran di kelas sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Sehingga guru dalam merencanakan pembelajaran dituntut untuk dapat menguasai komponen-komponen strategi pembelajaran yang diantaranya adalah tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber pelajaran dan evaluasi agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Yang dimana komponen yang satu dengan komponen yang lain saling berhubungan untuk dapat mencapai suatu tujuan pembelajaran yang tegas dan jelas
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan yaitu Strategi pembelajaran yang digunakan oleh pengajar pada dasarnya diarahkan agar terjadi proses belajar mandiri dalam diri siswa. Namun perlu diingat bahwa pendekatan yang baik belum tentu menghasilkan pembelajaran yang baik pula. Karena itu faktor pengajar sebagai manager dari suatu kegiatan pembelajaran di kelas sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Sehingga guru dalam merencanakan pembelajaran dituntut untuk dapat menguasai komponen-komponen strategi pembelajaran yang diantaranya adalah tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber pelajaran dan evaluasi agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Yang dimana komponen yang satu dengan komponen yang lain saling berhubungan untuk dapat mencapai suatu tujuan pembelajaran yang tegas dan jelas
0 komentar: