Dhomir



BAHASA ARAB 1 PEMBAHASAN NDOMIR


MAKALAH

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Bahasa Arab 1
Dosen pengampu:Moh.In’ami, MAg
 B-ELK Semester Gasal






 




















DisusunOlehKelompok 8:

1.Diah Susanti                                    (1510120059)
2.Hanatul ummah                               (1510120063)
3.Muhammad Luthfi                          (1510120058)
4.Muhammad Rois Khafiludin          (1510120041)



 
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami berkesempatan menyajikan makalah ini. Sholawat tercurah atas Nabi Muhammad s.aw semoga menambah barokah syafa’at pada makalah ini sehingga menjadikan wawasan ilmu yang barokah manfa’at bagi kita.
Adapun pembahasan kali ini mengenai ndomir yang secara ringkas dalam penyajiannya berdasarkan referensi buku-buku bahasa arab serta hasil perbincangan baik dari rekan satu kelompok maupun dari kelompok lain.Dalam makalah ini,membahas mengenai apa yang dimaksud dengan ndomir,macam pembagian ndomir,dan mengkaji dari teks yang menjadi bahan kajian sebagai contoh ndomir.
Berdasarkan beberapa buku atau referensi,menghasilkan cara penyampaian yang berbeda berdasarkan penulis buku itu sendiri.Begitu pula dalam makalah ini kami mencoba menyampaikan dengan sesuatu yang berbeda dalam penyampaian sebatas pentahuan kami berakar dari beberapa pemikiran sehingga tuntutan tersendiri untuk menyatupadukan supaya tercipta suatu sajian yang tepat untuk di hidangkan.
Ahirnya semoga makalah ini menjadikan jembatan ilmu dengan tambahan kritik ataupun saran sehingga menambah kevalidan materi di dalamnya.Atas kekurangan dalam penyajian ini kami memohon ma’af.




2
BAB II
PEMBAHASAN TEKS
اَ لْحَمْدُ لِلهِ ذِي اْ لفَوَا ضِلِ  الْجَلِيْلَةِ وَ الْعَوَا ئِدِ, اَلَّذِيْ عَنْ عِبَادِهِ
الْمُعْضَلَا تِ الشَّدَا ئِدِ, بِمَا قَيَضَهُ مِنْ اَرْزَاقٍ مُتَنَوِّ عَةٍ وَبَرَكَا تٍ مُتَتاَبِعَةٍ
وَفَوَا ئِدِ وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ ا للهُ وَ حْدَه لَا شَرِ يْكَ لَهْ لَهُ ا لْمُلْكُ الْعَظِيْمُ الْوَاجِدُ الْمَا جِدُ, اَلَّذِيْ تَفَرَّ دَ بِا لْكَمَا لِ الْمُطْلَقُ فَهُوَ اْلاِءْلَهُ السَّيِدُالصَّمَدُ اْلاَ حَدُ اْلوَا حِدُ, وَ اَشْهَدُ اَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْ لُهْ اَفْضَلُ مَحْمَدٍ وَاَكْمَلُ مُثَنٍّ عَلِىٍّ وَ حَا مِدٍ, اَ لَّلهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ
عَلَى آ لِهِ وَأصْحَا بِهِ اْلحَسَنِيِّنَ فِي اْلأَ عَمِّ لِ وَالْمَقَا صِدِ.
أَ مَّا بَعْدُ:
أ َيُّهَا النَّا سُ ا تَّقُوا ا للهِ تَعَا لَى, وَ تَفَكَّرُوْا فِي نِعَمِ رَ بِّكُمْ وَاَشْكُرُوْهُ, وَاْذ كُرُوْا آ لَاءَ اللهِ وَتَحَدَّ ثُوْا بِفَضْلِهِ وَتَفَكَّرُوْهُ وَاْذ كُرُوْا إِذْ كُنْتُمْ
مِنْ قَبْلِ أَنْ يُنَزِّ لُ عَلَيْكُمْ هَذَا الْغَيْثُ مُبْلِسِيْنَ, فَأ مَدَّ كُمْ بِغَيْثِهِ فَأْ صْبَحْتُمْ بِرِزْقِهِ فَرِ حِيْنَ مُسْتَبْشِرِ يْنَ  وَ لَئِنْ شَكَوْ تُمْ غَلَا ءَ اْلأَ مْعَا رِ
وَصُعُوْ بَةُ الُمؤْ نَةُ وَ تَعَذَّ رَ الْمَطْلُوْ بُ فَا نْظُرُوْا مَا فِي ِضمْنِ ذَ لِكَ مِنَ اْلأَ نْطَا فِ وَاْلخَصْبِ الَّذِيْ وَضَعَهُ اللهُ فِي اْلقُلُوْبُ, أَ مَا ذَ لِكَ
مِنْ أَلْطَا فِ الْبَارِيِّ لِيُخَفِّفَ بِهِ عَنْكُمْ الشَّدَا ئِدَ وَالْكُرُوْبَ, أَلَيْسَ مِنْ إِحْسَا نِهِ إِلَيْكُمْ أَنْ سَهَّلَ لَكُمْ كُلَّ مَطْلُوْبٍ, فَكُمْ لِلهِ مِنْ خَيْرَاتُ وَبَرَ كَاتُ
رَبَّا نِيَةٍ, وَكَمْ لَهُ مِنْ أَسْرَارٍ وَأَلْطَا فٍ ظَاَ هِرَةٍ وَخَفِيّةٍ, أِمَا قَدَرَ اَسْبَابًا وَأَعْمَا لًامُتَنَوِّعَةً لِتَكُوْمَ بِهَا مَعَا ئِشَ اْلخَلْفِ وَيَضرْ تَفِقُوْا, بِمَا فَجَرَ لَكُمْ مِنْ يَنَا بِعِ اْلأَرْضِ وَاْلعُيُوْنِ اْلجَا رِيَةِ, أَمَّا أَ فَادَكُمْ مِنْ بَرَكَاتِ أَرْضِهِ وَنِعْمَةِ اْلمُتَنَا بِعَةِ اْلمُتَوَالِيَةِ, أَ مَا ذَلِكَ نِعْمَةٍ فِيْ حَقِّ اَ
لأغْنِيَاءِ وِزِيَا دَةِ فَضَّلَعَلَيْهِمْ وَاِمْتِنَانٌ وَنِعْمَةٌ فِيْ حَقِّ اْلفُقَرَاءِ لِتَكْثُرَ اْلَأعْمَالُ وَلْحِرَفُ وَيَتَوَفَّرُ اْلإِحْسَانُ, فَاْذكُرُواآلَاءِاللهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ,
3
وَأَكْثَرُوْا مِنْ ذِكْرِهِ وَشُكْرِهِ لَعَلِّ النَّعِمَ تَدُوْمُ عَلَيْكُمْ وَ تُرْحَمُوْنَ, جَعَلَنَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ مِنَ الشَّا كِرِيْنَ لِنَعْمَا ئِهِ, الصَّابِرِ يْنَ عَلَى أَقْدَارِهِ وَبَلَائِهِ,
وَجَعَلَ مَاأَنْعَمَ بِهِ عَلَيْنَا مَعُوْنَةً عَلَى اْلخَيْرِ, وَدَفَعَ عَنَّا وَعَنِ اْلمُسْلِمِيْنَ كَلَّ شَرٍّ وَضَيْرٍ-قَالَ تَعَالَى-:(اَللهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءِ
وَهُوَاْلقَوِيِّالْعَزِيْزُ)<سو رة اشورى.الآية:19 >.بَا َركَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِالْعَظِيْمِ.








       










4
BAB III
GRAMATIKA/KAEDAH
ضمر


فمبا كيان                       اونسور فمبيجا راءن
                                                                                

                                                            
                                14                         غائب       مخاطب    متكلم

هو, هما, هم,هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, انا, نحن
                               
غائب                         مخاطب                             متكلم

إياه, إياهم, إياهم, هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, إياي, إيا نا
                                                                         
غائب                              مخاطب                            متكلم
5
به, بهما, هم,هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, بي, بنا
                                                                     
غائب                              مخاطب                            متكلم
















6
BAB IV
PEMBAHASAN

A.DLAMIR
yaitu kalimah yang digunakan untuk menunjukkan pengganti.Dlamir merupakan bagian dari isim ma’rifat yang bentuknya berupa:
Mutakallim yaitu pengganti sendiri baik laki-laki maupun perempuan.
Mukhottab yaitu pengganti untuk dua orang baik laki-laki maupn perempuan.
Ghaib yaitu pengganti orang  ketiga atau lebih baik laki-laki maupun perempuan.

B.MACAM DLOMIR
1.     Dhamir muttashil
Dhomir yang berstatus Muttashil adalah Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan dan tidak boleh mengiringi إلا selama masih bisa memilih demikian. وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا  وَلاَ يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا
Diantara dlamir tersebut adalah: ta, na, wawu, alif, nun, kaf, ya, ha.Khusus dlomir: ta, nun, alif, wawu selalu berada dalam kondisi rafa’,karena dalam posis fa’il atau na’ibul fa’il.
Contoh:

          Untuk dlamir: na dan ya bisa dalam kondisi:
·        Rafa’ sebagai fi’il.Contoh:-

7
·        Nasab sebagai maf’ul bih.Contoh: عِبَادِهِ


·        Jar yang berada setelah huruf jar.Contoh: بِهَا



Untuk dlamir: kaf, hu, ha selalu dalam kondisi nasab dan jar.
·        Nasab sebagai maf’ul bih.Contoh: عِبَادِهِ

·        Jar berada setelah huruf jar.Contoh: بِهَا


2.     Dlamir Munfasil
Yaitu dlamir terpisah yang boleh berada diawal kalimat dan berada setelah illa.
وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ جُعِلاَ  إيَّايَ وَالْتَّـــفْرِيْعُ لَيْسَ مُشْـــكِلاَ
Dhomir Nashob yang dibuat untuk Munfashil, yaitu إيَّايَ dan cabang-cabangnya yg jelas tidak ada keisykalan.
Berdasarkan posisinya dibedakan menjadi dua;
§  Marfu yakni sebagai pelaku terdiri dari:
هو, هما, هم,هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, انا, نحن
§  Mansub yakni sebagai objek yang terdiri dari:
إياه, إياهم, إياهم, هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, إياي, إيا نا


8
3.     Dlamir Bariz
 yaitu dlamir yang tampak dalam bentuk lafadznyaDiantara dlamir tersebut adalah: ta, wawu, ya, nun.Contoh: يَشَاءِ


4.     Domir Mustatir
Dhomir yang harus disimpan (Dhomir Mustatir) ada pada sebagian dhomir Rofa’.
 وَمِنْ ضَمِيْرِ الْرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ  كَافْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ

Contoh: يَرْزُقُ











9

BAB V
KESIMPULAN dan PENUTUP

A.KESIMPULAN
1)    Dlomir
yaitu kalimah yang digunakan untuk menunjukkan pengganti.

2)    .Macam Dlomir:dlamir muttashil, dlamir munfasil, dlamir bariz, dlamir mustatir.



B.PENUTUP
            Setelah kami kupas bersama,dapat kami ketahui yang menjadi bahan kajian dalam materi ini.Demikianlah makalah yang dapat kami sajikan,kurang lebihnya kami memohon maaf dan atas terselesaikannya tugas ini dengan beriringan alhamdulillahirobbil’alamin.







10
Referensi:

Drs. Thoifuri,M.Ag. 2009. Tata Bahasa Arab. Kudus : P3m Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus

Drs. Thoifuri,M.Ag Dkk. 2009. Arabia Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Kudus : P3m Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus

Drs. Thoifuri,M.Ag Dkk. 1996. Two Languages Grammar. Kudus : P3m Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus

Muhammad Zainuddin. 1977. Alfawaidutsaminatu. Semarang : Maktabatul Munawwir

Abu Alchamid Aljaffani. - . Matnul Jurumiyah. - : -

Alfiah Ibnu Malik

Terjemah ilmu nahwu Shorof. - . Salman. - : -











0 komentar: