Dhomir
BAHASA ARAB 1 PEMBAHASAN NDOMIR
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Bahasa Arab
1
Dosen
pengampu:Moh.In’ami, MAg
B-ELK Semester Gasal
DisusunOlehKelompok
8:
1.Diah
Susanti (1510120059)
2.Hanatul
ummah (1510120063)
3.Muhammad
Luthfi (1510120058)
4.Muhammad
Rois Khafiludin (1510120041)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN
TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN
AKADEMIK 2015/2016
BAB
I
PENDAHULUAN
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirobbil’alamin,
puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya
sehingga kami berkesempatan menyajikan makalah ini. Sholawat tercurah atas Nabi
Muhammad s.aw semoga menambah barokah syafa’at pada makalah ini sehingga
menjadikan wawasan ilmu yang barokah manfa’at bagi kita.
Adapun
pembahasan kali ini mengenai ndomir yang secara ringkas dalam penyajiannya
berdasarkan referensi buku-buku bahasa arab serta hasil perbincangan baik dari
rekan satu kelompok maupun dari kelompok lain.Dalam makalah ini,membahas
mengenai apa yang dimaksud dengan ndomir,macam pembagian ndomir,dan mengkaji
dari teks yang menjadi bahan kajian sebagai contoh ndomir.
Berdasarkan
beberapa buku atau referensi,menghasilkan cara penyampaian yang berbeda
berdasarkan penulis buku itu sendiri.Begitu pula dalam makalah ini kami mencoba
menyampaikan dengan sesuatu yang berbeda dalam penyampaian sebatas pentahuan
kami berakar dari beberapa pemikiran sehingga tuntutan tersendiri untuk
menyatupadukan supaya tercipta suatu sajian yang tepat untuk di hidangkan.
Ahirnya
semoga makalah ini menjadikan jembatan ilmu dengan tambahan kritik ataupun
saran sehingga menambah kevalidan materi di dalamnya.Atas kekurangan dalam
penyajian ini kami memohon ma’af.
2
BAB
II
PEMBAHASAN
TEKS
اَ لْحَمْدُ لِلهِ ذِي اْ لفَوَا ضِلِ الْجَلِيْلَةِ وَ الْعَوَا ئِدِ, اَلَّذِيْ عَنْ
عِبَادِهِ
الْمُعْضَلَا تِ الشَّدَا ئِدِ, بِمَا قَيَضَهُ مِنْ اَرْزَاقٍ
مُتَنَوِّ عَةٍ وَبَرَكَا تٍ مُتَتاَبِعَةٍ
وَفَوَا ئِدِ وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ ا للهُ
وَ حْدَه لَا شَرِ يْكَ لَهْ لَهُ ا لْمُلْكُ الْعَظِيْمُ الْوَاجِدُ الْمَا جِدُ,
اَلَّذِيْ تَفَرَّ دَ بِا لْكَمَا لِ الْمُطْلَقُ فَهُوَ اْلاِءْلَهُ السَّيِدُالصَّمَدُ
اْلاَ حَدُ اْلوَا حِدُ, وَ اَشْهَدُ اَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْ لُهْ اَفْضَلُ
مَحْمَدٍ وَاَكْمَلُ مُثَنٍّ عَلِىٍّ وَ حَا مِدٍ, اَ لَّلهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَ
عَلَى آ لِهِ وَأصْحَا بِهِ اْلحَسَنِيِّنَ فِي اْلأَ
عَمِّ لِ وَالْمَقَا صِدِ.
أَ مَّا بَعْدُ:
أ َيُّهَا النَّا سُ ا تَّقُوا ا للهِ تَعَا لَى, وَ تَفَكَّرُوْا
فِي نِعَمِ رَ بِّكُمْ وَاَشْكُرُوْهُ, وَاْذ كُرُوْا آ لَاءَ اللهِ وَتَحَدَّ ثُوْا
بِفَضْلِهِ وَتَفَكَّرُوْهُ وَاْذ كُرُوْا إِذْ كُنْتُمْ
مِنْ قَبْلِ أَنْ يُنَزِّ لُ عَلَيْكُمْ هَذَا الْغَيْثُ
مُبْلِسِيْنَ, فَأ مَدَّ كُمْ بِغَيْثِهِ فَأْ صْبَحْتُمْ بِرِزْقِهِ فَرِ حِيْنَ
مُسْتَبْشِرِ يْنَ وَ لَئِنْ شَكَوْ تُمْ
غَلَا ءَ اْلأَ مْعَا رِ
وَصُعُوْ بَةُ الُمؤْ نَةُ وَ تَعَذَّ رَ الْمَطْلُوْ
بُ فَا نْظُرُوْا مَا فِي ِضمْنِ ذَ لِكَ مِنَ اْلأَ نْطَا فِ وَاْلخَصْبِ الَّذِيْ
وَضَعَهُ اللهُ فِي اْلقُلُوْبُ, أَ مَا ذَ لِكَ
مِنْ أَلْطَا فِ الْبَارِيِّ لِيُخَفِّفَ بِهِ عَنْكُمْ
الشَّدَا ئِدَ وَالْكُرُوْبَ, أَلَيْسَ مِنْ إِحْسَا نِهِ إِلَيْكُمْ أَنْ سَهَّلَ
لَكُمْ كُلَّ مَطْلُوْبٍ, فَكُمْ لِلهِ مِنْ خَيْرَاتُ وَبَرَ كَاتُ
رَبَّا نِيَةٍ, وَكَمْ لَهُ مِنْ أَسْرَارٍ وَأَلْطَا
فٍ ظَاَ هِرَةٍ وَخَفِيّةٍ, أِمَا قَدَرَ اَسْبَابًا وَأَعْمَا لًامُتَنَوِّعَةً لِتَكُوْمَ
بِهَا مَعَا ئِشَ اْلخَلْفِ وَيَضرْ تَفِقُوْا, بِمَا فَجَرَ لَكُمْ مِنْ يَنَا بِعِ
اْلأَرْضِ وَاْلعُيُوْنِ اْلجَا رِيَةِ, أَمَّا أَ فَادَكُمْ مِنْ بَرَكَاتِ أَرْضِهِ
وَنِعْمَةِ اْلمُتَنَا بِعَةِ اْلمُتَوَالِيَةِ, أَ مَا ذَلِكَ نِعْمَةٍ فِيْ حَقِّ
اَ
لأغْنِيَاءِ وِزِيَا دَةِ فَضَّلَعَلَيْهِمْ وَاِمْتِنَانٌ
وَنِعْمَةٌ فِيْ حَقِّ اْلفُقَرَاءِ لِتَكْثُرَ اْلَأعْمَالُ وَلْحِرَفُ وَيَتَوَفَّرُ
اْلإِحْسَانُ, فَاْذكُرُواآلَاءِاللهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ,
3
وَأَكْثَرُوْا مِنْ ذِكْرِهِ وَشُكْرِهِ لَعَلِّ النَّعِمَ
تَدُوْمُ عَلَيْكُمْ وَ تُرْحَمُوْنَ, جَعَلَنَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ مِنَ الشَّا كِرِيْنَ
لِنَعْمَا ئِهِ, الصَّابِرِ يْنَ عَلَى أَقْدَارِهِ وَبَلَائِهِ,
وَجَعَلَ مَاأَنْعَمَ بِهِ عَلَيْنَا مَعُوْنَةً عَلَى
اْلخَيْرِ, وَدَفَعَ عَنَّا وَعَنِ اْلمُسْلِمِيْنَ كَلَّ شَرٍّ وَضَيْرٍ-قَالَ تَعَالَى-:(اَللهُ
لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءِ
وَهُوَاْلقَوِيِّالْعَزِيْزُ)<سو رة اشورى.الآية:19
>.بَا َركَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِالْعَظِيْمِ.
4
BAB
III
GRAMATIKA/KAEDAH
ضمر
فمبا
كيان اونسور فمبيجا
راءن
14 غائب مخاطب متكلم
هو,
هما, هم,هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, انا, نحن
غائب مخاطب متكلم
إياه,
إياهم, إياهم, هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, إياي, إيا نا
غائب مخاطب متكلم
5
به, بهما, هم,هي, هما, هن, انت,
انتما, انتم, انت, انتما, انتن, بي, بنا
غائب مخاطب متكلم
6
BAB IV
PEMBAHASAN
A.DLAMIR
yaitu kalimah yang
digunakan untuk menunjukkan pengganti.Dlamir merupakan bagian dari isim
ma’rifat yang bentuknya berupa:
Mutakallim yaitu
pengganti sendiri baik laki-laki maupun perempuan.
Mukhottab
yaitu pengganti untuk dua orang baik laki-laki maupn perempuan.
Ghaib
yaitu pengganti orang ketiga atau lebih baik laki-laki
maupun perempuan.
B.MACAM DLOMIR
1.
Dhamir muttashil
Dhomir yang berstatus
Muttashil adalah Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan dan tidak
boleh mengiringi إلا selama masih bisa
memilih demikian. وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا
وَلاَ يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا
Diantara dlamir tersebut adalah: ta, na, wawu, alif, nun, kaf, ya, ha.Khusus
dlomir: ta, nun, alif, wawu selalu berada dalam kondisi rafa’,karena dalam
posis fa’il atau na’ibul fa’il.
Contoh:
Untuk dlamir: na dan ya bisa dalam kondisi:
·
Rafa’ sebagai
fi’il.Contoh:-
7
·
Nasab sebagai
maf’ul bih.Contoh: عِبَادِهِ
·
Jar yang berada
setelah huruf jar.Contoh: بِهَا
Untuk
dlamir: kaf, hu, ha selalu dalam kondisi nasab dan jar.
·
Nasab sebagai
maf’ul bih.Contoh: عِبَادِهِ
·
Jar berada
setelah huruf jar.Contoh: بِهَا
2.
Dlamir Munfasil
Yaitu dlamir terpisah
yang boleh berada diawal kalimat dan berada setelah illa.
وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ
جُعِلاَ إيَّايَ وَالْتَّـــفْرِيْعُ
لَيْسَ مُشْـــكِلاَ
Dhomir Nashob yang
dibuat untuk Munfashil, yaitu إيَّايَ
dan cabang-cabangnya yg jelas tidak ada keisykalan.
Berdasarkan posisinya
dibedakan menjadi dua;
§ Marfu
yakni sebagai pelaku terdiri dari:
هو,
هما, هم,هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, انا, نحن
§ Mansub
yakni sebagai objek yang terdiri dari:
إياه,
إياهم, إياهم, هي, هما, هن, انت, انتما, انتم, انت, انتما, انتن, إياي, إيا نا
8
3. Dlamir
Bariz
yaitu dlamir yang tampak dalam bentuk
lafadznyaDiantara dlamir tersebut adalah: ta, wawu, ya, nun.Contoh: يَشَاءِ
4.
Domir Mustatir
Dhomir yang harus
disimpan (Dhomir Mustatir) ada pada sebagian dhomir Rofa’.
وَمِنْ ضَمِيْرِ الْرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ كَافْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ
Contoh: يَرْزُقُ
9
BAB V
KESIMPULAN dan PENUTUP
A.KESIMPULAN
1)
Dlomir
yaitu kalimah
yang digunakan untuk menunjukkan pengganti.
2)
.Macam
Dlomir:dlamir muttashil, dlamir munfasil, dlamir bariz, dlamir mustatir.
B.PENUTUP
Setelah kami kupas bersama,dapat kami ketahui yang menjadi bahan
kajian dalam materi ini.Demikianlah makalah yang dapat kami sajikan,kurang
lebihnya kami memohon maaf dan atas terselesaikannya tugas ini dengan
beriringan alhamdulillahirobbil’alamin.
10
Referensi:
Drs.
Thoifuri,M.Ag. 2009. Tata
Bahasa Arab. Kudus : P3m
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus
Drs.
Thoifuri,M.Ag Dkk. 2009. Arabia
Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Kudus : P3m Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus
Drs.
Thoifuri,M.Ag Dkk. 1996. Two Languages Grammar. Kudus : P3m
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus (STAIN) Kudus
Muhammad Zainuddin. 1977. Alfawaidutsaminatu. Semarang : Maktabatul Munawwir
Abu Alchamid Aljaffani.
- . Matnul Jurumiyah. - : -
Alfiah Ibnu
Malik
Terjemah ilmu nahwu Shorof. - .
Salman. - : -
0 komentar: