Jumlah Fi'liyah
JUMLAH FI’LIYAH
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Bahasa Arab
Dosen pengampu : Moh. In’ami, MAg.
B-ELK Semester Gasal
Disusun
Oleh Kelompok 3 :
Ahmad Rifqi (1510120075)
Ahmad Mutohar
(1510120046)
Khoerul Mu’arif (1510120051)
Niswati (1510120071)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN
TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN
AKADEMIK 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bahasa arab merupakan
bahasa yang setiap hari kita ucapkan,yaitu pada waktu sholat,berdoa,dan
sebagainya.Selain itu bahasa arab juga di gunakan dalam bahasa Al Qur’an yang
sering kita baca.Dengan belajar bahasa arab maka dimungkinkan akan mengetahui
tentang makna Al Qur’an,menjadi menerjemah,dll.Bukan hanya bahasa Inggris yang
menjadi bahasa internasional tetapi Bahasa Arab sekarang juga menjadi bahasa
internasional pula.
Ketika kita membahas bahasa arab,
maka kita akan
belajar dasar-dasarnya terlebih dahulu,tidak mungkin anak bayi langsung bisa
berjalan apa bila tidak belajar dari merangkak,berdiri dengan
pegangan,melangkah,baru saja dia bisa berjalan.Begitu juga mempelajari bahasa
arab,kita harus mulai dari awal hingga bisa berbahasa arab.
Dalam makalah ini kita
akan membahas materi bahasa arab
yang berkaitan tentang nahwu shorof yang di khususkan pada bab fi’liyah.Tentunya akan di jabarkan tentang fi’liyah berdasarkan penjabaran-penjabaran sebagai berikut dan seterusnya
menggunakan referensi yang ada di buku nahwu.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa definisi
jumlah fi’liyah?
2.
Apa sajakah macam-macam jumlah fi’liyah?
3.
Bagaimana
contoh fi’il madhi,mudhori’ dan amar?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui jumlah fi’liyah
2. Untuk mengetahui macam-macam jumlah
fi’liyah
3. Untuk mengetahui contoh fi’il madhi,mudhori’,dan amar
BAB II
TEKS BAHASA ARAB
13- خُطْبَةٌ فِيْ قَوْلِهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَمَ اِحْرَصُ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ
اَلْحَمْدُ للهِ
الَّذِيْ جَعَلَ الشَّرِيْعَةُ مَحْتُوْيَةً عَلَى الْهُدَى
وَالْشِفَاوَالنُّوْرِ٬ وَاَوْصَلَ مَنْ اِسْتَرْشَدَبِكَلَامِهِ وَكَلَامِ
رَسُوْلِهِ إِلَى كُلِّ خَيْرِوَسُرُوْرِ٬ أَحْمَدُهُ عَلَى أَوْصَافِهِ
الكَامِلَةِ وَأَسْمَائِهِ الْحُسْنٰى٬ وَأَشْكُرُهُ عَلَى آلَآئِهِ البَاطِنَةِ وَالظَاهِرَةِ
وَمَالِهِ مِنْ عَمِيْمٍ النُعَمِى وَأَشْهَدُأَنْ لَاإِلٰهَ إِلَّااللهِ وَحْدَهُ
لَا شَرِيْكَ لَهُ فِيْ أَلْوَهِيَتِهِ وَرُبُوْبِيَتِهِ وَلَانَدِيْدَلَهُ فِيْ عَظِمْتَهِ
وَ كِيْرَيَائِهِ وَمَجَدِهِ وَأَحَدِيَتِهِ٬ وَأَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ خَيْرُبَرِيْتَهُ٬ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍوَعَلَى
آٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْقَائِمِيْنَ بِحُقُوْقَهُ وَنَصَرَتُهُ .
أَمَّا بَعْدُ:
أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوااللهُ
حَقَّ تَقْوَاهُ٬ وَتَمَسَّكُوْا بِإِرْشَادِنَبِيِّهِ وَهَدِيُهُ وَهَدَاهُ٬
فَقَدْقَالَ صَلّٰى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِيْمِ: "ِاحْرَصُ عَلَى مَايَنْفَعُكَ
وَاَسْتَعِيْنُ بِاللهِ"[1] فَيَالَهَا
مِنْ كَلِمَتَيْنِ عَظِيْمَتَيْنِ جَمَعَ فِيْهِمَاخَيْرُالدُّنْيَاوَالْآخِرَةِلِمَنْ
فَهمهاوَعَمَلَ بِهِمَامِنَ الْعِبَادِ٬ فَأَمَّاالحَرْصِ فَهُوَالْجَدُّفِيْ تَصْحِيْلِ
الْأُمُوْرِالنَّافِعَةِ فِيْ الْمَعَاشِ وَالْمِعَادِ٬ وَذَلِكَ بِالْاِجْتِهَادِفِيْ
الْقِيَامِ بِعُبُوْدِيَةِاللهِ الَّتِى خَلَقَ اللهُ الْمُكَلَفِيْنَ لِأَجْلِهَا,وَبِمَا
يُعَيِّنُ عَلَى ذَلِكَ مِنْ كَسْبِ الحَلَالِ الْمَسَاعِدِ عَلَى اُمُرِهَا
وَلَا يُتِمُّ ذَلِكَ اِلَّا بِسُلُوْكِ طُرُقِهَا النَّافِعَةِ وَاَبْوَابِهَا.وَلَا
يَحْصُلُ اِلَّا بِقُوَّةِ الّاسْتَعَانَةِ بِاللهِ وَالتَّوَكُلِ عَلَيْهِ
لَا عَلَى الْاَسْبَابِ,بَلْ عَلَى مُسَبَبِهَا,فَلَا
يَفُوْتُ اَحَدًا اَلْخَيْرُ اِلَّا بِتَرْكِ وَاحِدٍ مِنْ هَذِهِ الْاُمُوْرِ,اَمَّا
اَنْ لَا يَحْرُصُ بَلْ يَسْتَوْلِي عَلَيْهِ اَلْكَسَلُ وَالْفُتُوْرُ,اَوْ
يَكُوْنُ حَرِيْصًا عَلَى غَيْرِ الْاُمُوْرِ النَّافِعَةِ اَوْلَايَسْتَعِيْنُ بِمُيَسِّرِ
الْاُمُوْرِ,اَعْظَمُ الْاُمُوْرِ النَّافِعَةِ اَنْ تَتَعَلَّمَ مَا يُقِيْمُ
دِيْنَكَ وَعِبَادَاتِكَ وَمُعَامَلَاتِكَ,وَاَنْ تُؤَدِّيَ الشَرَائِعَ الظَّاهِرَةَ
وَالبَاطِنَةَ مُجْتَهِدًا فِيْ تَكْمِيْلِ عِبَادَاتِكَ,قَائِمًا بِحُقُوْقِ الْخَالِقِ
وَحُقُوْقِ الْخَلْقِ,مُسْتَعِيْنًا بِرَبِّكَ فِيْ طَلَبِ الْحَلَالِ مِنَ الرِّزْقِ.فَيَاطَ
وَبِيْ لِمَنْ قَوِيَ تَوَكُلَهُ عَلَى رَبِّهِ فِيْ تَيْسِيْرِ اَمْرِ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ,وَيَاسَعَادَتَهُ
اِذَا شَاهَدَالنُّجَاحُ وَالْفَلَاحُ عِنْدَ تَمَامِ مَسْعَاهُ,اِذَا اَرَدَتْ
اَنْ تَخْتَارَ عَمَلًا نَافِعًا تَصْلُحُ بِهِ دُنْيَاكَ,فَاَسْلُكُ الطَّرِيقُ
الْمُوْصِلَ اِلَيْهِ بِرِفْقٍ وَاسْتَعَنَ بِمَوْلَاكَ,فَاِنَّكَ اِذَا حَقَقْتَ
التَّوَكُلَ عَلَيْهِ سَهَلَ لَكَ الْاَمْرَ وَيَسَرَهُ وَكَفَاكَ,وَاِنْ اَعْجَبْتُ.اِنَّكَ
خَذَلَكَ وَوَكَلَكَ اِلَى ضَعْفِكَ فَوَهَنْتُ قُوَتَكَ وَقُوَاكَ,فَلَوْ تَوَكَلْتُمْ
عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكُلِهِ لِرِزْقِكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطِّيْرَ تَغَدُو خَمَاصًا
وَيُرَوْحُ بَطَانًا,وَلَكِنْ كَثِيْرًا مِنْكُمْ يَعْجِبُ بِنَفْسِهِ فَيَرْهَقُهُ
وَهْنًا وَهَوَانًا وَخُذُلَانًا,وَاعْتَصِمُوا بِاللهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ فَنِعْمَ
الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرِ.
BAB III
GRAMATIKA/KAEDAH
جمله فعليه
فعل مضارع فعل امر فعل ماض
BAB IV
PEMBAHASAN
Dalam makalah
ini penulis akan membahas tentang jumlah fi’liyah dan macam-macam jumlah
fi’liyah yang di ambil dari beberapa buku Nahwu dan buku Bahasa Arab
lainnya.Tentu dalam pembahasan makalah ini ada beberapa kesamaan pendapat para
Tokoh Nahwu.Pembahasan didalam makalah ini di tuliskan secara singkat ,yaitu
sebagai berikut:
A.Definisi
Jumlah Fi’liyah
Jumlah fi’liyah adalah kata kerja,atau dalam bahasa Indonesia disebut
verba.yaitu menunjukan kata kerja.
B.Macam-macam jumlah Fi’liyah
1.
Fi’il Madhi
Yaitu fi’il
yang menunjukkan makna yang bersamaan dengan jaman yang sudah lampau. [2]
Dalam istilah lain di jelaskan fi’il madhi adalah
fi’il yang menunjukan pekerjaan atau peristiwa yang sudah lampau.[3]
2.
Fi’il Mudhori’
Yaitu fi’il yang menunjukkan makna sekarang ,atau yang
akan datang,dan diawali dengan huruf mudhoroah yaitu alif,nun,ya’,dan ta’ (ا,ن,ي,ت) .[4]
3.
Fi’il Amar
Yaitu fi’il yang menunjukan arti perintah untuk
melaksanakan pekerjaan.[6]
Adapun lafazh yang mempunyai pengertian perintah,kalau
tidak ada tempat bagi nun taukid padanya (tidak menerima nun taukid sebab
selamanya tidak pernah bernun taukid dan memang bukan fi’il),maka lafazh itu
dinamai isim fi’il (bukan fi’il).[7]
C.Contoh fi’il madhi,mudhori’ dan amar
فعل امر
|
فعل مضارع
|
فعل ماض
|
اعتصموا
|
يعين
|
جَعَلَ
|
اجلس
|
يتم
|
خَلَقَ
|
انظر
|
يحصل
|
ذهب
|
BAB V
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat di
simpulkan secara singkat yaitu jumlah fi’ilah adalah kata kerja.Jumlah fi’liyah
di bagi menjadi tiga,yaitu fi’il madhi yang menunjukan masa lampau,fi’il
mudhori yang menunjukan masa sekarang atau yang akan datang’,dan fi’il amar
menunjukan makna perintah.
Daftar Pustaka
Muhammad In’ami.
2015 lughotul ‘arobiah awal.
jakarta barat: mibarda
Muhammad
Zainuddin.fawaidutsamiinatsu
Dr.H.Imaduddin
Sukamto,MA,Ahmad Munawari,S.Ag.TATA BAHASA ARAB SISTEMATIS.Yogyakarta:Nuansa
Aksara Group,2000
Drs.moh.thalib,tata
bahasa arab,bandung:PT al Ma’arif,2002
Syekh Muhammad
bin Dawud Shonhaji al ma’ruf bin Jurum,terjemah matan jurumiyah,kampung
kiai,2013
Syekh
syarifudin yahya al-amriti,nadhom al-amrity.1991
Syekh Muhammad
bin A.Malik Al-Andalusy,terjemah MATAN ALFIAH.PT Al Ma’rif,Bandung:1988
[1] رواه مسلم واهل السنن
[2]
Syekh syarifudin yahya al-amriti,nadhom al-amrity hlm.36
[3]
Dr.H.Imaduddin Sukamto,MA,Ahmad Munawari,S.Ag.TATA BAHASA ARAB SISTEMATIS.hlm.28
[4]
Syekh syarifudin yahya al-amriti,nadhom al-amrity hlm.37
[5] Muhammad In’ami, lughotul ‘arobiah awal,
(Mibarda: jakarta barat), hlm.15
[6]
Dr.H.Imaduddin Sukamto,MA,Ahmad Munawari,S.Ag.TATA BAHASA ARAB SISTEMATIS.hlm.32
[7]
Syekh Muhammad bin A.Malik Al-Andalusy,terjemah MATAN ALFIAH,hlm.16
0 komentar: